PSGA UIN Alauddin Akan Lanjutkan Kerjasama dengan UNICEF Indonesia

KERJASAMA-ONLINE, – Perwakilan United Nations Children’s Fund (UNICEF) Indonesia berkunjung ke UIN Alauddin Makassar, hadir Kepala Kantor Perwakilan UNICEF Wilayah Sulawesi dan Maluku Henky Widjaja Ph D bersama Child Protection Specialist UNICEF Makassar Tria Amelia Tristiana, Kamis 10 Juni 2021.

Rektor UIN Alauddin Prof Hamdan Juhannis menerima langsung kunjungan tersebut didampingi Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama Dr H Kamalauddin Abunawas, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Prof Muhammad Ramli, Kepala Bagian Kerjasama Ismi Sabariah dan Kepala Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) LP2M Dr Rosmini Amin.

Dalam sambutannya, Prof Hamdan menyambut baik kehadiran perwakilan UNICEF Indonesia dan berharap kerjasama dengan UIN Alauddin dapat terus berlangsung dan ditingkatkan. Mengingat program kerjasama UNICEF dengan PSGA UIN Alauddin telah berjalan baik.

Guru Besar Sosiologi Islam itu melanjutkan, Kerjasama UNICEF dan PSGA UIN Alauddin dapat menjadi role model bagi program-program perlindungan anak di tempat-tempat lain. Sehingga harus ada produk-produk yang dapat didesiminasikan kepada publik secara luas.

“Saya meyakini, ini adalah bentuk kemitraan yang ‘sesuatu banget’ dan harusnya bisa diperkuat dengan menunjukkan spesifikasi program-program sesuai dengan sumberdaya yang ada di UIN Alauddin yang berbasis Islam” paparnya.

Sementara itu, Perwakilan UNICEF Henky Widjaja mengucapkan terima kasih karena pihaknya dapat bekerjasama dengan UIN Alauddin Makassar melalui Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA).

Hengky berharap kerjasama dengan PSGA dalam isu perlindungan anak dapat dilanjutkan dengan program-program yang dapat diperkaya dengan inovasi-inovasi.

“UNICEF sangat terbantu dengan sumberdaya akademik yang ada di UIN Alauddin, khususnya yang terkait dengan pendekatan keagamaan dalam isu perlindungan anak” tandasnya.

Kepala PSGA UIN Alauddin Dr Rosmini Amin mengungkapkan, Kerjasama dengan UNICEF meneguhkan posisi PSGA UIN Alauddin sebagai the center of exellence dalam kajian perlindungan anak berbasis Islam.

“Melalui Kerjasama yang dileading oleh PSGA, UNICEF sebagai Lembaga internasional yg fokus pada perlindungan anak dalam berbagai hal telah banyak membantu UIN Alauddin dalam melakukan pengabdian masyarakat, khususnsya terkait perlindungan anak”, jelasnya.

Selain itu, lanjut Rosmini, melalui Kerjasama UNICEF, PSGA UIN Alauddin dapat berjejaring dengan beberapa lembaga luar dalam mengadvokasi persoalan-persoalan anak, baik Lembaga pemerintah, misalnya kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (KPPPA) Sulawesi Selatan, Dinas sosial Kab. Gowa dan beberapa perangkatnya di tingkat kecamatan dan desa, Kemenag kota Makasar dan Kab. Gowa, maupun Kerjasama dengan Lembaga non pemerintah, di antaranya Yayasan Bakti, Yayasan Indonesia Mengabdi (YIM), dll.

“Beberapa output Kerjasama dalam bentuk dokumen, baik berupa output berupa laporan penelitian, deseminasi hasil penelitian, infografis, modul mata kuliah Pendidikan Kesejahteraan anak (PKSA), panduan pengasuhan anak berbasis institusi dan sebagainya dapat diakses di PSGA UIN Alauddin” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *