UIN Alauddin Makassar Teken MoU dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Takalar

KERJASAMA Online – Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Takalar.

Penandatanganan nota kesepahaman itu ditandatangani langsung Rektor UIN Alauddin Makassar Prof Hamdan Juhannis dengan Bupati Takalar Syamsar Kitta di Ruang Rapat Rektor Lantai III Gedung Rektorat, Senin (13/12/2021).

Prof Hamdan Juhannis dalam sambutannya menyampaikan kerja sama ini merupakan langkah strategis yang dilakukan dalam memperkuat Tri Dharma Perguruan Tinggi. Terlebih dalam melakukan berbagai lompatan akselerasi membutuhkan dukungan dari berbagai pihak.

“Mari bersama-sama untuk memajukan pendidikan dengan jalinan kerja sama terkait pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Takalar Syamsari Kitta menyambut baik kerja sama ini. Menurutnya, banyak program perlu didampingi oleh perguruan tinggi. Salah satunya adalah UMKM masyarakat.

“Kita ingin produk UMKM kita dapat dipasarkan keluar, bukan hanya di Takalar saja. Oleh karena itu, UIN Alauddin Makassar sebagai perguruan tinggi kami berharap melakukan pendampingan terhadap masyarakat dan UMKM,” ujarnya.

Syamsari Kitta mengatakan, pihaknya berkomitmen menjadikan produk UMKM dengan mutu terjamin, higienis dan halal. “Sesuai dengan rencana Pemerintah Kabupaten Takalar ingin membuat wisata halal,” bebernya.

“Kita tidak bisa mengerjakan semua. Jadi memerlukan pendampingan dari perguruan tinggi yaitu dengan UIN Alauddin,” tambahnya.

Peningkatan kualitas produk ini akan dipadukan dengan program belajar paket A, B, C di PKBM. Program tersebut merupakan program pemerintah untuk meningkatkan rata-rata lama sekolah dan kualitas SDM di Takalar.

“Agar tidak membosankan belajar terus, peserta ibu-ibu diajarkan membuat produk UMKM yang berkualitas, dibentuk kelompoknya, hasilnya dipasarkan di Mall UMKM baik secara online maupun offline,” pungkas H. Syamsari.

Diakhir penandatangan, Syamsar Kitta memberikan cindera mata berupa kain batik siborita kepada Prof Juhannis. Batik siborita adalah salah satu produk unggulan UMKM khas Takalar yang kini gencar diajarkan Dekranasda Takalar kepada warga.

Penulis : Muh Aswan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *