UIN Alauddin Makassar Teken MoU dengan PW GP Ansor Sulawesi Selatan

KERJASAMA Online – Rektor UIN Alauddin Makassar Prof Hamdan Juhannis melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pengurus Wilayah (PW) Gerakan Pemuda Ansor Sulawesi Selatan.

Penandatanganan Nota Kesepahaman itu dilaksanakan pada pembukaan Konferensi Wilayah (Konferwil) ke XV di Hotel Sultan Alauddin, Jalan Sultan Alauddin Kota Makassar, Sabtu (4/09/2021).

Guru Besar Sosiologi itu didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga UIN Alauddin Makassar, Dr Kamaluddin Abunawas M Ag.

Dalam sambutannya, Prof Hamdan Juhannis menyampaikan pelaksanaan MoU dengan GP Ansor Sulawesi Selatan merupakan kali pertama dilakukan secara resmi, meskipun jalinan kerjasama sering dilakukan.

“Dengan diresmikannya kerjasama ini melalui penandatanganan MoU, harapan kami selaku Rektor UIN Alauddin Makassar mudah mudahan bisa mentransfer kompetensi Ansor dalam banyak hal,” katanya.

Penulis Buku Melawan Takdir itu menambahkan, tujuan melaksanakan MoU secara resmi, bisa membangun kemitraan dalam hal pemberdayaan, antara UIN Alauddin Makassar, GP Ansor dan Masyarakat.

“Kami meyakini kelebihan Ansor yang mampu menorobos menjelajah dalam kehidupan sosial masyarakat. Itulah harapan kita kenapa UIN Alauddin tertarik meresmikan MoU ini,” tandasnya.

“Kita juga mendampingi, membuka konsultasi dan bisa aktifkan mentransfer pengalaman pengalaman para aktivis Ansor dan terutama pendamping pendampingan dalam berbagai hajat hajat dan urusan akademik maupun non akademik terutama misalnya pendamping aspek hukum,” lanjutnya.

Selain itu, Pria kelahiran Kabupaten Bone itu menjelaskan kerjasama yang akan dibangun yakni melakukan pendampingan kemitraan bersama antara UIN Alauddin Makassar dengan Ansor dalam kegiatan kegiatan sosial masyarakat termasuk pemutusan penyebaran Covid-19.

“Ini sangat dibutuhkan uluran tangan kita untuk bisa mencerahkan masyarakat terutama membangun sinergitas dengan mereka dalam upaya meningkatkan imunitas dan imanitas mereka,” tutupnya

Senada degan itu, Dr Kamaluddin Abunawas M Ag mengatakan sebelum dilaksanakan MoU, Pengurus GP Ansor Sulawesi Selatan melalui Lembaga Bantuan Hukumnya melakukan audiensi.

“Banyak hal yang bisa dilakukan bersama, kemarin itu yang datang salah satu diantaranya ketua LBH GP Ansor. Kerjasama nantinya, di bidang hukum. Apalagi kami memiliki FSH, bisa bersinergi dengan itu ataupun kegiatan kegiatan kemahasiswaan yang bisa melibatkan keduanya,” tegasnya.

Mantan Wakil Direktur Pascasarjana UIN Alauddin itu membeberkan, nantinya
akan ada tindak lanjut pada saat penandatanganan Perjanjian Kerja Sama atau Memorandum of Agreement. Menurutnya disitulah dijelaskan lebih detail apa yang akan dilakukan.

Terkahir, Ia berharap dengan terjalinnya hubungan kerjasama itu, sinergitas bisa lebih terjalin yang sebenarnya dimana sebelumnya secara personal.

“UIN Alauddin Makassar bukan hanya kerjasama dengan lembaga Perguruan Tinggi tapi juga ormas dan organisasi kepemudaan. Dan itu kami sudah lakukan yah karena di kampus mahasiswa adalah pemuda banyak hal bisa dilaksanakan secara bersama sama,” pungkasnya.

 

Muh. Aswan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *