Gandeng AVP, UIN Alauddin Makassar Gelar Workshop Pengarusutamaan Gender Dalam Kurikulum

Kerjasama Online – Bidang Kerjasama dan Internasional Office UIN Alauddin Makassar bersama Australian Volunteer Program (AVP) menggelar workshop.

Kegiatan tersebut membahas pengarusutamaan kesetaraan gender dalam kurikulum UIN Alauddin Makassar berbasis Program Studi (Prodi).

“Kerjasama ini sangat dinantikan karena memberi dampak terhadap penguatan pengarusutamaan gender di Perguruan Tinggi, khususnya tingkat Prodi,” kata Prof Hamdan Juhannis di Hotel Swiss, Panakkukang Kota Makassar, Senin (15/8/2022).

Menurut, Mantan Guru Besar Sosiologi Pendidikan itu, pengarusutamaan gender ditingkat Prodi sangat tepat karena menjadi eksekutor penguatan akademik dari beragam isu.

“Istilahnya ada kroscutting dari ragam ilmu yang masuk untuk bisa memberi penguatan pada gender equality,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Internasional Office, Dr Muhaimin mengapresiasi Australian Volunteer Program telah membantu UIN Alauddin Makassar, dalam upaya penguatan gender.

“Saya kira ini sangat memberikan manfaat dalam dalam pengarusutamaan gender di Prodi,” ujar Dosen Fakultas Ushuluddin dan Filsafat itu.

Prof Aisya Kara yang menjadi narasumber dalam kegiatan itu berharap, hasil dari workshop tersebut melahirkan handbook berisi tentang prosedur kurikulum berbasis gender.

“Kita berharap melahirkan handbook berisi tentang prosedur kurikulum sehingga kedepannya di UIN Alauddin Makassar tinggal mengikuti prosedur yang ada,” ujarnya.

Menurut Dia, di UIN Alauddin Makassar sudah lama mengkaji isu isu gender namun workshop tersebut proses kebijakan dari tingkat universitas hingga Prodi pengarusutamaan gender.

“Outputnya menjadi dasar penyusunan RPS hal hal yang terkait dengan kurikulum berbasis gender,” pungkasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *