UIN Makassar Gelar Workshop Pembuatan Handbook Pengarusutamaan Gender dalam Kurikulum

Kerjasama Online – Internasional Office UIN Alauddin Makassar mengadakan workshop pembuatan buku pedoman atau handbook pengarusutamaan gender dalam kurikulum berbasis Prodi.

Kegiatan tersebut merupakan hasil kerjasama antara Internasional Office dengan Australian Volunteer Program (AVP).

Acara tersebut dilaksanakan di onyx ballroom, Swiss-Belhotel, Kecamatan Panakukang, Kota Makassar, Selasa 23 Agustus 2022.

Fasilitator Workshop, Dr Muhsin Mahfudz M Ag mengatakan, kegiatan tersebut mengindentifikasi isu gender berbasis Prodi.

“Kegiatan ini mengidentifikasi problem terkait isu gender lalu itu kemudian dituangkan dalam draft,” kata Dekan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Alauddin Makassar itu.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan, hasil dari isu gender yang telah dituangkan dalam draft itu tidak langsung dicetak. Akan tetapi dilaksanakan FGD sebelumnya.

“Muatan isu gender tidak langsung di cetak, nanti kita diskusikan jangan sampai ada bias gender. Ini tujuannya rujukan kita mengintegrasikan isu gender,” jelasnya.

Salah satu peserta kegiatan tersebut, Nur Aliyah menyampaikan ucapan rasa terima kasih .

Sementara itu, Ketua Internasional Office, Dr Muhaimin menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi AVP telah membantu UIN Alauddin Makassar dalam upaya menguatkan gender.

“Kami sangat mengapresiasi atas bantuannya dalam upaya mengarusutamakan gender dalam kurikulum UIN Alauddin Makassar,” jelasnya.

Menurut Dia, kegiatan tersebut memberikan manfaat yang sangat luar biasa terutama dalam konteks Prodi. “Ini sangat luar biasa biasa karena pada akhirnya akan memiliki panduan terkait gender mainstreaming pada kurikulum masing-masing yang bisa dipakai Prodi,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *