Tindak Lanjut Kerja Sama, UIN Alauddin Terima Kunjungan UKI Toraja

KERJASAMA ONLINE,- Tim Universitas Kristen Indonesia (UKI) Toraja melakukan kunjungan ke Kampus II UIN Alauddin Makassar di Kelurahan Romang Polong Kabupaten Gowa.

Kunjungan tersebut diterima Wakil Rektor Bidang Kerjasama Dr Kamaluddin Abunawas M Ag di Ruang Rapatnya Lantai III Gedung Rektorat, Rabu (30/06/2021).

Pertemuan tersebut adalah tindak lanjut dari Memorandung of Understanding (MoU) UIN Alauddin dengan UKI Toraja beberapa waktu lalu di Kabupaten Tana. Selanjutnya, kerjasama teknis diserahkan kepada Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin.

Muatan kerjasama ini berupa Penguatan SDM pranata laboratorium, implementasi Kampus Merdeka Belajar (KMB), pengabdian kolaborasi, riset kolaborasi dan pembentukan desa binaan.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Dr Muhammad Ansar S Pt M Si mengatakan ada tiga konsen yang ingin dikembangkan dalam kerjasama itu, pertama pendidikan dan pengajaran, kedua penelitian dan ketiga pengabdian masyarakat.

“Kita harapkan mampu memberikan kontribusi kepada teman teman UKI Toraja tentang penguatan Saintek demikian halnya kegiatan lainnya misalnya magang dan juga keterlibatan mahasiswa dalam pengabdian masyarakat,” katanya.

Dia menambahkan, dalam pengabdian kepada masyarakat kedua belah pihak akan menetapkan satu desa untuk menjadi desa binaan, dimana Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin dan UKI Toraja kolaborasi menuntaskan apa yang menjadi permasalahan masyarakat di desa tersebut.

“Sehingga dari permasalahan itu kedua fakultas misalnya memberikan kontribusinya sesuai kompetensi yang dimiliki masing-masing fakultas tersebut,” pungkasnya.

Senada dengan itu, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UKI Toraja Dr Anastasia Baan M Pd membeberkan, bentuk kerjasama tersebut diantaranya pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat.

“Selain itu, juga ada desa binaan serta sertifikasi editor Jurnal itu sangat penting dan pendirian Program Magister Bahasa Indonesia,” jelasnya.

“Kami juga butuh dosen bergelar Doktor dengan pendidikan Bahasa Indonesia untuk pendirian Program Magister yang sementara dibicarakan pihak UIN Alauddin,” tambahnya.

Terakhir, Ia berharap UIN Alauddin Makassar cepat memproses Dosen bersangkutan untuk dikirim ke UKI Toraja dalam rangka percepatan pendirian Program Magister.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *