UIN Alauddin Teken MoU dengan Pemkab Sidrap, Majene dan Megarezky

Kerjasama Online -UIN Alauddin Makassar melakukan penandatanganan kesepakatan bersama (MoU) dengan Pemkab Sidarp, Majene dan Universitas Megarezky di Gedung Rektorat Jln M Yasin Limpo Romang Polong, Kabupaten Gowa Sulsel, Kamis, 16 September 2021.

Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof Hamdan Juhannis menyampaikan apresiasi dan berterima kasih dengan adanya kerja sama tersebut.

Ia mengatakan sejak sebulan lalu sudah ada tiga Bupati-Walikota yang melakukan kerja sama serupa. Hal ini membuktikan komitmen dan upaya serius dalam melibatkan Universitas dalam memaksimalkan perannya di masyarakat.

“Kita perlu terus melanjutkan akselerasi, kerja sama dan kolaborasi ini, misalnya dalam kegiatan KKN di daerah juga integrasi pemberdayaan keagamaan, pendampingan dan tata kelola pemerintahan, termasuk program merdeka belajar dimana mahasiswa mengajar di masyarakat yang memiliki relevansi dengan keilmuannya,” katanya.Bupati Majene, Andi Achmad Syukri usai melakukan penandatanganan MoU mengatakan, kerja sama dalam hal pendidikan tersebut telah kesekian dilakukan, karena menjadi komitmen Pemerintah Kabupaten Majene sebagai Pusat Pelayanan Pendidikan di Sulawesi Barat.

“Komitmen Pemkab Majene yang hingga saat ini terus bekerja keras, merancang dan membangun pondasi yang kuat sebagai pusat pendidikan yang ideal yang dirasakan keberadaannya di tengah- tengah masyarakat,” ujarnya.

Untuk itu kata Andi Syukri, melalui kerja sama tersebut, Ia berharap dukungan penuh oleh pihak Universitas Islam Negeri Makassar sebagai salah satu Universitas Negeri terbaik di Indonesia Timur.

“Kerja sama ini memuat berbagai poin, khususnya pembinaan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia, penyelenggaraan kegiatan ilmiah, seminar dan lokakarya serta penyelenggaraan pengabdian masyarakat,” ungkap Bupati.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sidrap, Andi Faisal Burhanuddin, mewakili Bupati Sidrap menjelaskan MoU sebagai kesepahaman penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Dengan kesepahaman ini, diharapkan memberi dampak positif dalam rangka pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sidrap,” ujar Andi Faisal.

Rektor Unimerz, Prof. Ali Aspar Mappahya mengatakan, kerjasama itu sebagai bentuk dukungan terhadap program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang kini tengah di galakkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Tentu, ini bagian dari penjabaran konsep Kampus Merdeka Merdeka Belajar atau MBKM yang digaungkan menteri Nadiem,” kata Ali Aspar dalam sambutannya.

Dalam kerjasama ini, kedua kampus ini nantinya akan melakukan pertukaran belajar mahasiswa. Tak hanya itu, pertukaran dosen juga dimungkan untuk dilakukan.

Unimerz sendiri menawarkan beberapa prodi relevan yang bisa di kerjasamakan. Terutama prodi-prodi di bidang kesehatan.

Pada penandatanganan MoU Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof Hamdan Juhannis didampingi Wakil Rektor lV Bidang Kerjasama dan pengembangan Lembaga, Dr H Kamaluddin Abunawas, dan Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr Hj Yuspiani.

Dari Pemkab Sidrap hadir Kabag Kerja Sama Sidrap, Muhammad Iqbal, dan Kepala Sub Bagian Evaluasi Pelaksanaan Kerja Sama Setda Sidrap, Solihin.

Sementra Pemkab Majene hadir Staf Ahli Bidang Pendidikan Sosial dan Budaya, Plh Kadis Pendidikan dan Olah Raga, Inspektur Inspektorat Majene, Kepala BKAD Majene, Kepala BKPSDM Majene.

Juga hadir Kadis PMD Kabupaten Majene, Camat Banggae Timur, Camat Banggae, Kabag Kerja Sama, Kabag Hukum dan Kabag Organisasi.

Selain Rektor Unimerz , juga hadir Wakil Rektor I Dr. Ns.Yulia Fitria Ningsih, Wakil Rektor II Drs. Abd. Rahman, M.Si.,M.Pd., Wakil Rektor IV Dr. Hairuddin K., dan Kepala Pusat Bahasa Unimerz , Hasnani S. S.,M.Hum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *