Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Makassar Gandeng Dinas Pendidikan Kab Wajo Gelar Bimtek Pengelolaan Perpustakaan

Kerjasama Online – Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wajo melaksanakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan Sekolah.

Kegiatan tersebut tindak lanjut dari Penandatanganan Nota Kesepahaman antara UIN Alauddin Makassar dengan Pemerintah Kabupaten Wajo pada 11 April 2021 lalu,

Kegiatan ini juga sebagai bentuk kegiatan pengabdian kepada Masyarakat oleh dosen jurusan Ilmu Perpustakaan dalam memberikan pemahaman dan penerapan dalam mengelola perpustakaan yang sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP).

Kegiatan bimtek ini dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Bupati Kabupaten Wajo pada tanggal 16 Oktober 2022 dan diikuti 250 orang peserta yang terdiri dari pengelola perpustakaan SD dan SMP se Kabupaten Wajo.

Pada kegiatan tersebut dihadiri beberapa pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wajo dan kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wajo Yahya, S. Sos., M.Si.

Dalam sambutannya, Dia sangat berterimakasih kepada UIN Alauddin Makassar khususnya jurusan Ilmu Perpustakaan yang telah berkenang hadir membagikan ilmunya kepada pengelola perpustakaan sekolah di Kabupaten Wajo.

“Kami sangat senang dan mengapresiasi serta berterimakasih kepada UIN Alauddin Makassar terkhusus kepada jurusan Ilmu Perpustakaan yang telah jauh-jauh datang dari Makassar untuk berbagi ilmunya kepada pengelola perpustakaan kami di Kabupaten Wajo, yang Insya Allah ahli pada bidang perpustakaan sehingga perpustakaan sekolah di Kabupaten Wajo bisa meningkat,” ujarnya.

Pada kesempatan itu juga Ketua Jurusan Ilmu Perpustakaan Irvan Muliyadi, S. Ag., S.S., M.A dalam sambutannya sangat berterimakasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wajo yang telah memberikan fasilitas dan kesempatan kepada Jurusan Ilmu Perpustakaan untuk melakukan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian Kepada Masyarakat.

“Alhamdulillah kami sangat berterimakasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wajo yang telah bersedia menerima kami dan memberikan fasilitas kepada kami dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat,” bebernya.

Pada Bimtek tersebut pemateri memperkenalkan software SLIMS dalam pengelolaan perpustakaan berbasis otomasi perpustakaan, tidak hanya memperkenalkan tetapi juga memberikan Pratik dan menginstalkan software tersebut di laptop masing masing peserta. Para peserta sangat antusias dan semangat dalam menerima materi dengan banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan kepada pemateri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *